Rakord Tim Teknis Buku Arab Pegon

Agenda

Semarang, 19 Desember 2030
Rakor TIM Teknis Penulisan Arab Pegon
Nguri Nguri Tradisi Keilmuan Ulama Salafiyah, Mengokohkan Pendidikan Madrasah Diniyah


Tim Teknis Penulis Arab Pegon DPW FKDT Jawa Tengah mengadakan bimbingan teknis penulisan Arab Pegon yang dilaksanakan di Hotel Puri Garden Semarang. fatkhuronji seaku Ketua Dewan Kode Etik DPW FKDT Jawa Tengah dalam sambutanya mengatakan bahwa terdapat keuntungan manakala sebuah pekerjaan dilaksanakan dengan membentuk tim kerja, sehingga akan muncul hasil bersama dengan keanekaragaman keungulan yang dimiliki setiap anggota menjadi lebih unggul. Apalagi jika sering menulis hal bermanfaat itu merupakan salah satu bentuk dari investasi dunia akhirat. Bagaimana tidak, karena hasil karya tulis itu nantinya akan dibaca orang secara terus menerus karena nilai kebermanfaatnnya tetap abadi. Sehingga tidak mustahil akan mendapatkan pahala yang terus mengalir.

 
Kegiatan dibuka oleh Nur Syahid selaku Ketua DPW FKDT Jawa Tengah. Dalam sambutannya, Syahid menegaskan bahwa hasil karya buku pegon pada tahap pertama sudah mendapatkan apresiasi bagus, bahkan saat ini sudah 91.000 eksemplar yang terdistribusikan pada santri se-Jawa Tengah, kemudian juga banyak permintaan dari luar Jawa Tengah, namun karena saat ini sedang mempersiapkan edisi baru, maka permintaan pemesanan belum dapat dilakukan.

Peserta Upgrade

Helmi Suyitno (berdiri) selaku pemateri dalam kegiatan bimbingan teknis ini menekankan bahwa kunci layout dalam penulisan buku pegon yang baik adalah harus fokus pada 1) jarak antar hurus, 2) jarak antar bari, dan 3) jarak antar komponen. Kaau ini ditaati maka tulisan Arab tidak akan terputus-putus dan rapi serta enak dibaca.
Helmi yang juga menjabat sebagai Sekretaris Relawan Jurnal Indonesia (RJI) Jawa Tengah sekaligus editor pada beberapa jurnal ilmiah kategori SINTA 1-3, berpesan agar para guru madin menekuni kembali dunia tulis menulis khazanah Islam klasik sebagai bagian dari budaya Islam-pesantren. (kangmasy-20)

Bagikan Tulisan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *