DPW FKDT Jateng Lantik dan Kukuhkan Pengurus DPC FKDT Kab. Pekalongan Masa Bhakti 2022-2027

Berita

Pekalongan – Bertempat di aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan, Sabtu (18/6) Nur Syahid, Ketua DPW FKDT Jateng melantik dan mengukuhkan DPC FKDT Kabupaten Pekalongan masa Bhakti 2022-2027.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati yang diwakili Asisten 1, anggota DPRD, Kepala Kantor Kementerian Agama, Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag Kab. Pekapongan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, tokoh masyarakat, para pimpinan ormas Islam seperti NU, Muhammadiyah, Rifai’ah dan LDII serta utusan dari 18 DPAC Se Kab. Pekalongan.

Ketua DPC FKDT Kabupaten Pekalongan, K. Mutrofin, mengajak seluruh pengurus agar menjadikan momentum pelantikan, pengukuhan dan Rapat Kerja ini sebagai langkah awal menyusun program kerja dalam rangka khidmat lil ummah. Lebih lanjut, Mutrofin mengajak semua pengurus siap lahir bathin menjadi pelayan umat (khodimul ummah). “Dengan doa pangestu dan bimbingan dari semua pihak, semoga FKDT Kabupaten Pekalongan kedepan semakin baik dan maju” pungkasnya diakhir sambutan.

H. Nur Syahid, Ketua DPW FKDT Jateng, memaparkan refleksi sejarah kelahiran FKDT, 14 Juni 2014. Meski kelahirannya dibidani salah satunya oleh Kementerian Agama, namun “akta kelahiran” FKDT dicatat di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) sebagai organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam, bukan anak kandung (satker) Kementerian Agama. Hal itu bertujuan agar FKDT bisa lebih luwes menjalin hubungan dan kerjasama dengan berbagai pihak dalam memajukan Pendidikan Diniyah (Madrasah Diniyah).
Lebih lanjut Nur Syahid menegaskan bahwa FKDT merupakan Rumah Besar Pendidikan Diniyah. FKDT mengakomodir ruang-ruang penyelenggaraan dan pengelolaan Madin oleh berbagai ormas keagamaan Islam, seperti NU, Muhammadiyah, Rifaiyah, LDII dan lain-lain yang berkomitmen mendidik keislaman (diniyah) dan mencerdaskan anak bangsa.

Pada kesempatan itu, Nur Syahid menyampaikan berbagai layanan FKDT untuk Madin, seperti: manajemen pengelolaan Madin, administrasi kelembagaan, administrasi pembelajaran, peningkatan kompetensi kepala dan guru serta pembinaan prestasi santri.
“FKDT pada semua tingkatan agar membangun kesepahaman (MoU) dengan Dinas Pendidikan serta satuan pendidikan formal untuk penguataan pendidikan karakter peserta didik” pesan Nur Syahid menghakhiri sambutannya

Bupati Pekalongan yang diwakili Asisten 1, Toto Budi Mulyanto SE, mengajak DPC FKDT Kabupaten Pekalongan untuk bersinergi meningkatkan kerjasama dan networking dengan berbagai pihak, seperti ormas keagamaan Islam, Kementerian Agama dan pemerintah Kabupaten Pekalongan.

Bagikan Tulisan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *